Wisata Pulau Biawak Indramayu

Wisata Pulau Biawak Indramayu

Posted on

Wisata Pulau Biawak Indramayu – Mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwa wilayah Jawa Barat memiliki beberapa pulau, salah satunya yakni Pulau Biawak. Namun sayangnya, pulau dengan potensi wisata yang besar ini tidak dikembangkan dengan baik sebagai objek wisata Indramayu, alhasil fasilitas pendukung wisata di pulau Biawak sangat minim.

Pada awalnya, pulau ini dinamakan pulau Rakit, namun karena banyaknya Biawak di pulau tersebut yang mirip seperti pulau Komodo, sehingga Pemerintah Daerah Indramayu menamainya Pulau Biawak sebagai ikon pulau indah tersebut. Ratusan biawak dari yang berukuran kecil hingga besar dapat ditemukan, biasanya berenang di bibir pantai untuk mencari mangsa.

Wisata Pulau Biawak Indramayu

 

Paket Wisata Pulau Biawak Indramayu

Bagi Anda yang ingin jalan jalan ke Pulau Biawak, maka diperlukan informasi yang cukup dan paket wisata Pulau Biawak yang sudah tersedia dengan biaya yang cukup terjangkau. Oleh karena itu, Travicana hadir memberikan informasi yang bermanfaat.

Lokasi Pulau Biawak Indramayu

Karena masih belum terjamah dan dikelola dengan baik oleh Pemerintah Daerah, Pulau Biawak bahkan tidak tampak dalam Google Map. Namun, secara kewilayahan, Pulau ini merupakan bagian dari Kecamatan Indramayu. Jarak dari Pantai Tirtamaya hanya sejauh 40 km, yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 1,5 jam.

Luas Pulau Biawak adalah 120 hektar, yang juga cukup dekat dengan pulau lainnya yakni Pulau Gosong dan Pulau Candikian. Mungkin memakan waktu satu jam perjalanan dari Pulau Biawak ke Pulau lainnya. Pulau Gosong sudah rusak akibat eksplorasi pertambangan, dan Pulau Cadikian juga belum terjamah alias masih perawan.

 

Biaya Pulau Biawak Indramayu

Ada beberapa paket yang ditawarkan antara lain:

  1. Paket Reguler dengan biaya 480 ribu per orang (pemberangkatan minimal 10 orang)
  2. Paket Snoorkling dengan biaya 550 ribu per orang (minimal 10 orang)
  3. Paket Diving dengan biaya 1,8 juta per orang (minimal 8 orang)

Dalam setiap paket tersebut anda akan mendapatkan makan 4 kali dan segala kebutuhan selama ekspedisi namun tidak termasuk pakaian, alat mandi, dan kebutuhan pribadi lainnya, sehingga harus membawa kebutuhan sendiri.

Dalam setiap paket yang ditawarkan, anda akan dipandu berkeliling Pulau Biawak dan Pulau Gosong serta menyusuri hutan bakau dan pinus yang masih alami. Terdapat beberapa spesies burung di hutan yang akan membuat anda kagum.

Sayangnya, karena fasilitas yang ada di pulau Biawak sangat minim, sehingga Anda harus terbiasa tanpa MCK di pulau ini. Anda akan menjumpai biawak di pesisir pulau setiap sore hari atau menjelang matahari terbenam karena Biawak termasuk nokturnal sehingga pada malam hari mulai berburu makanan.

Selain berpetualang, Anda juga dapat berziarah ke makam Syek Imam, yakni seorang penyebar agama Islam dan seorang Belanda penemu pulau Biawak sekaligus pembangun mercusuar yang ada disana yakni ZM Wilem III.

Pencarian Lainnya: