Wisata Kawah Tengkurep di Palembang

Posted on

Kawah Tengkurep di Palembang – Bukan seperti apa yang dipikirkan, kebanyakan orang jika hanya mendengarkan namanya pasti berpikiran sebuah kawah di pegunungan, namun sebenarnya Kawah Tengkurep adalah komplek pemakaman yang dijadikan tempat wisata oleh pemerintah daerah kota Palembang.

kawah tengkurep di palembang

Info Lengkap tentang Kawah Tengkurep di Palembang

Bukan hanya sekedar pemakaman yang biasa kita temui di setiap daerah. Di Kawah Tengkurep justru kebanyakan pengunjungnya adalah kaula muda dan pelajar, karena di tempat inilah sejarah Palembang dimulai. Yakni kisah hidup Kesultanan kota Palembang dan keluarganya, seperti halnya Kesultanan Yogyakarta yang memiliki sejarah panjang dengan peninggalan keraton nya.

 

Lokasi dan Akomodasi Kawah Tengkurep

Lokasi tepatnya adalah di Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang Sumaterea Selatan, Masyarakat sekitar kota Palembang sering menyebut Lemah Tengkurep sebagai kawasan komplek makam Lemahabang, karena letaknya di desa Lemah Abang, sekitar 100 meter dari tepian sungai Musi.

Jika anda ingin berkunjung untuk mengetahui sejarah Palembang ataupun berziarah ke makam, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi karena fasilitas kendaraan umum untuk menuju tempat ini masih sangat terbatas. Meskipun demikian, sebenarnya areal pemakaman Kawah Tengkurep sangat mudah dijangkau karena dekat dengan jalan raya Perintis Kemerdekaan, dari Jembatan Ampera tinggal menuju pasar Lemah Abang. Bisa juga menggunakan angkutan kota yang berwarna hijau yang menuju Lemah Abang.

Dari Pasar Lemah Abang ke areal pemakaman harus menggunakan ojek, karena tidak ada angkutan yang menuju kesana. Ongkos naik ojek sangat murah, biasanya hanya 5 ribu rupiah saja. Jika tidak memiliki kendaraan pribadi, ada juga fasilitas taksi yang ada di wilayah kota Palembang.

Sejarah Kawah Tengkurep di Palembang

Kesultanan Palembang berdiri pada tahun 1675 yang dipimpin oleh Sultan Abdurrahman, yang mana merupakan kerajaan Islam. Beliau memimpin dari mulai 1659 hingga 1706, kemudian ketika pemerintah Kolonial Belanda menguasai wilayah nusantara, kesultanan ini dihapuskan sejar tahun 1823. Nama Kawah Tengkurep diambil dari bentuk cungkup atau kubah yang ada di bangunan pemakaman.

Terdapat empat cungkup di areal pemakaman, dimana tiga cungkup diperuntukkan bagi para Sultan dan satu cungkup diperunukkan untuk anak-anak Sultan dan juga pejabat kesultanan. Dibagian cungkup pertama, adalah tempat dimakamkannya Sultan Mahmud Badaruddin I yang wafat di tahjun 1756, dan juga para istri Sultan serta Guru Sultan Badaruddin yakni Imam Sayyid Idrus Al Idrus yang berasal dari Yaman.

Jika anda berkunjung ke tempat ini sebaiknya jagalah sikap dan kesopanan untuk menghormati leluhur yang ada di pemakaman. Untuk mendapatkan ilmu sejarah yang cukup, sebaiknya tanyakanlah kepada kuncen atau penunggu makam, sehingga selain mendapatkan pengalaman juga mendapatkan ilmu pengetahuan sejarah Palembang dari kesultanan.

 

Pencarian Lainnya:

  • Kawah Tengkurep Palembang City South Sumatra 30111
  • Kawah Tengkurep Palembang City South Sumatra
  • lokasi kawah tengkurep