tempat wisata di cilacap

Tempat Wisata di Cilacap yang terkenal se Indonesia

Posted on

Tempat Wisata di Cilacap – Merupakan kota pesisir di Jawa Tengah, Cilacap adalah kota buntu, karena berada di ujung paling selatan Jawa Tengah dengan areal Kabupaten yang memanjang hingga berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat. Jika masuk dari jalur selatan, setelah melewati kota Banjar, maka Anda memasuki kecamatan Wanareja, yang sudah termasuk wilayah Kabupaten Cilacap.

Tim Travicana sudah berkeliling hampir di keseluruhan Cilacap, karena kebetulan salah satu anggota tim merupakan orang Cilacap asli sehingga menjadi pemandu wisata yang sempurna. Setelah berkeliling, Travicana memutuskan untuk membuat penilaian mengenai tempat wisata di Cilacap dan sekitarnya yang mendapat rating terbaik. Apa saja mereka? Berikut hasil penelusuran kami!

 

3 Tempat Wisata di Cilacap paling Menarik

Ada salah satu objek wisata Cilacap yang paling menarik perhatian kami dan bahkan lebih terkenal dari kota Cilacap itu sendiri yakni Pulau Nusakambangan. Baru denger namanya saja konotasi negatif langsung muncul di benak kita! Yah…itu adalah Penjara untuk penjahat kelas kakap.

 

1. Pulau Nusakambangan Cilacap

Rating Travicana (4,5 Star)

Pulau Nusakambangan sangat terkenal seantero Indonesia, dan bahkan hingga ke Australia, dan Filipina, terutama ketika akan ada pelaksanaan eksekusi mati napi, karena disiarkan langsung oleh beberapa televisi nasional.

Meski demikian, jika Anda sudah berkunjung kesana, ternyata tidak seseram namanya justru keindahan lah yang nampak, wilayah pulau Nusakambangan sangat luas, mungkin butuh 2 hari untuk mengitarinya. Hanya sebagian kecil saja yang dijadikan objek wisata, tidak termasuk areal penjara nya yah!

tempat wisata di cilacap

Gambar di atas adalah pantai Pasir Putih, yang berada di Pulau Nusakambangan. Di sana anda diperkenankan untuk berenang dan menyelam selama cuacanya tidak buruk. Nusakambangan justru menjadi tempat favorit pengunjung dari masyarakat sekitar kota Cilacap dan juga luar kota.

Dalam pulau Nusakambangan terdapat Benteng peninggalan Belanda, termasuk meriamnya yang tergeletak begitu saja, dan tidak terawat. Sayang sekali Pemerintah kota Cilacap tidak memperbaiki dan menambah fasilitas pendukung untuk wisatawan yang berkunjung kesana.

objek wisata Cilacap

Benteng tersebut malah digunakan oleh para peziarah untuk bertapa dan menyepi di hari tertentu khususnya malam 1 Syuro. Entah apa maknanya tapi yang jelas banyak sekali sisa-sisa bau “kemenyan” yang ditinggalkan oleh para petapa.

Harga tiket masuk Pulau Nusakambangan hanya 5 ribu rupiah saja per orang. Namun untuk menuju kesana, Anda harus menaiki perahu motor dari Pantai Teluk Penyu dengan biaya 20 ribu per orang dengan perjalanan selama 10 menit, jika berkelompok bisa lebih murah, 5 orang mungkin hanya 50 ribu saja. hanya perlu menego dengan tukang perahunya untuk tidak menghitung per orang.

 

2. Pantai Teluk Penyu

Rating Travicana (4 Star)

Tidak begitu istimewa, tetapi tidak lengkap rasanya jika membicarakan Pulau Nusakambangan tetapi melewatkan Pantai Teluk Penyu karena pantai ini merupakan jalan satu-satunya menuju ke Pulau Nusakambangan.

wisata pantai Cilacap
Itulah perahu motor yang akan membawa Anda ke Pulau Nusakambangan

Namanya Pantai Teluk Penyu, namun saat ini sama sekali tidak ada penyu yang tersisa. Dahulu memang banyak sekali penyu di sepanjang pesisir pantai untuk bertelur. 3 Dekade terakhir ini, penyu yang ada di Pantai Teluk Penyu sudah punah karena pemerintah kota Cilacap tidak melindungi dan menjaga ekosistem yang ada, karena pembiaran perburuan dan pembantaian penyu.

wisata malam cilacap

Di sepanjang pesisir Pantai Teluk Penyu, anda dapatĀ  ber wisata Pantai Cilacap sekaligus melihat kapal-kapal besar berlalu lalang membawa muatan, batubara, gas, dan semen menuju dermaga Pertamina dan Semen Holcim, serta PLTU, karena Cilacap adalah kota Industri.

obyek wisata cilacap benteng pendem

Di areal Pantai Teluk Penyu, anda akan menjumpai obyek wisata Cilacap yang ramai dikunjungi wisatawan lokal yakni Benteng Pendem, yang pernah menjadi lokasi uji nyali Trans 7 dan tim Mr. Tukul Jalan-Jalan untuk menelusuri jejak misteri yang ada disana.

Benteng Pendem merupakan peninggalan sejarah kelam penjajahan Belanda. Karena Cilacap merupakan kota yang sangat strategis, Belanda membuat benteng pertahanan dan penjara yang banyak sekali di beberapa titik kota Cilacap, namun karena tak terjaga hanya beberapa saja yang masih tersisa, termasuk yang ada di Benteng Pendem ini dan di Pulau Nusakambangan.

Pengunjung tidak diperkenankan melakukan wisata malam Cilacap di lokasi Benteng Pendem setelah jam 6 sore. Karena di lokasi ini terdapat “areal 70” milik pertamina demi keamanan sehingga harus steril dari pengunjung, ada pos penjaga disana sehingga penyelusup akan segera di interograsi. Jika anda ingin menginap dan atau ber wisata malam Cilacap, banyak sekali hotel dan tempat karaoke yang tersedia di tengah kota Cilacap. Dengan harga bervariasi antara 100-450 ribu per malam.

Harga tiket masuk Pantai Teluk Penyu hanya 3 ribu rupiah per orang, namun masyarakat lokal hampir tak pernah membayar retribusi ini, karena pintunya selalu terbuka sehingga dengan mudahnya menerobos meski ada penjaga loket yang menghadangnya. Miris memang tetapi itulah kenyataan yang kami lihat, padahal untuk membangun dan menjaga obyek wisata Cilacap butuh dukungan dan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakatnya dengan menjalin kerjasama pemerintah daerah demi memajukan wilayahnya.

 

3. Pantai Widara Payung

Rating Travicana (4 Star)

Berjalan-jalan menyusuri wilayah Cilacap kota pesisir maka di segala penjurunya bertemu dengan laut. Tempat wisata di Cilacap lainnya yang sering dikunjungi wisatawan adalah Pantai Widarapayung, yang terletak di desa Widarapayung, Kecamatan Binangun.

objek wisata cilacap widarapayung

Meskipun pemandangan di Pantai Widarapayung sangat indah dengan ombak yang cukup besar, tetapi fasilitas pendukung belum memadai, padahal ini adalah lokasi sempurna untuk dijadikan obyek pariwisata Cilacap. Tidak ada hotel atau penginapan di sekitar desa Widarapayung, sehingga hanya wisatawan lokal saja yang biasa berjunjung ke sini.

Pantai ini pernah terkena dampak Tsunami pada tahun 2006 silam, ketika menyerang Pangandaran. Butuh beberapa tahun untuk merestrukturisasi dan mengembalikan pasca trauma Tsunami tersebut, bahkan Presiden SBY kala itu pernah mengunjungi pantai Widarapayung untuk memantau para korban kegananasan tsunami tersebut.

Beberapa tempat wisata di Cilacap lainnya seperti hutan bakau dan curug sengaja tidak kami cantumkan karena minimnya akses dan fasilitas di obyek wisata Cilacap tersebut sehingga tidak di rekomendasikan. Karena pada prinsipnya berwisata adalah untuk mencari kesenangan dan refreshing, jika tidak ada fasilitas pendukung tentu saja akan menjadi mimpi buruk.

 

Pencarian Lainnya: