Tempat Wisata di Bukit Tinggi yang Wajib di Kunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Bukit Tinggi – Jika Anda berkunjung ke Sumatera Barat, tentu saja Anda harus bertolak ke kota Bukit Tinggi karena disana banyak sekali tempat wisata yang menawarkan keindahan panorama, budaya dan juga sejarah.

Setidaknya ada 10 lokasi wisata di bukit tinggi yang layak untuk dikunjungi. Sehingga membuat kota Bukit Tinggi menjadi tujuan wisata yang selalu ramai setiap tahun. Berdasarkan data BPS, jumlah kunjungan wisata ke Bukit Tinggi mencapai 500 ribu setiap tahunnya, termasuk turis mancanegara.

10 Tempat Wisata di Bukit Tinggi

Beberapa lokasi yang terkenal dan paling sering dikunjungi adalah obyek wisata yang berkaitan dengan sejarah, dan juga keindahan alam. Diantaranya:

 

1. Danau Maninjau Bukit Tinggi

tempat wisata di bukit tinggiRating Travicana (3 Star)

Lokasi Danau Maninjau berada sekitar 36 KM dari Bukit Tinggi. Menawarkan keindahan alam yang asri pedesaan yang akan membuat Anda berasa di kampung sendiri.

Danau Maninjau merupakan danau terluas kedua setelah Singkarak. Meski lokasinya cukup jauh dan agak sulit karena jalannya berkelok, tetapi pengunjung tidak patah arang untuk mendatanginya.

 

2. Jam Gadang

Wisata Jam Gadang Bukit TinggiRating Travicana (4 Star)

Jam Gadang merupakan simbol dari kota Bukit Tinggi bahkan ikon Sumatera Barat. Ibarat Menara Eifel di Paris. Ini adalah Paris van Padang. Jam Gadang menawarkan hal yang sama, keindahan kota dapat terlihat dari atas puncak menara Jam Gadang.

Ini merupakan tempat wisata di Bukit Tinggi yang wajib anda kunjungi. Karena tidak lengkap rasanya jika kita ke Bukittinggi atau Sumatera Barat tanpa mengunjungi Jam Gadang.

 

3. Benteng Fort de Cock

lokasi wisata bukittinggiRating Travicana (3,5 Star)

Ini adalah salah satu wisata sejarah Bukit Tinggi. Benteng Fort de Cock merupakan benteng pertahanan tentara Belanda untuk melawan rakyat Minangkabau, yang dikenal dengan Perang Paderi pada tahun 1821 hingga 1837.

Benteng dengan ketinggian 20 meter ini selalu terjaga dan terawat sebagai obyek wisata sejarah Bukittinggi. Karena keasliannya terjaga sehingga masih sangat menarik untuk di kunjungi, terutama Anda yang memiliki anak-anak agar mempelajari sejarahnya.

 

4. Museum Bung Hatta

Wisata sejarah bukit tinggiRating Travicana (3,5 Star)

Obyek wisata sejarah kedua adalah rumah kediaman Bung Hatta yang kini sudah dijadikan museum. Didalamnya terdapat benda antik yang biasa digunakan oleh Bung Hatta. Penataannya pun seperti sedia kala ketika didiami oleh Bung Hata.

Museum ini terbuka untuk umum setiap hari, untuk mengenang jasa-jasa dan kiprah Bung Hatta bagi bangsa Indonesia.

 

5. Air Terjun Lembah Anai

air terjun sumatera baratRating Travicana (4,5 Star)

Inilah tempat wisata di Bukit Tinggi yang paling banyak dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahannya yang memukau dan letaknya juga tidak seperti air terjun pada umumnya yang terpelosok.

Air Terjun Lembah Anai berada di tepian jalan dengan ukuran sedang. Alirannya terbentang sepanjang jalan kota Padang menuju Bukit Tinggi.

 

6. Pasar Bukit Tinggi

wisata kuliner bukittinggiRating Travicana (4 Star)

Mungkin ini adalah wisata belanja Bukit Tinggi. Anda wajib mampir kesana untuk membeli oleh-oleh khas Bukit Tinggi. Letaknya yang berdekatan dengan Jam Gadang sangat ramai dikunjungi oleh penduduk lokal setiap hari.

Bukit Tinggi memiliki 3 Pasar, yakni Pasar Lereng yang menawarkan kuliner Bukittinggi. Pasar Atas menjual berbagai hasil laut dan kerajinan khas Padang. Sedangkan Pasar Bawah menghadirkan sayur mayur dan kebutuhan rumah tangga.

 

7. Ngarai Sianok

Obyek wisata bukittinggiRating Travicana (4 Star)

Ngarai Sianok terbentang sepanjang 15 Km dari Koto Gadang hingga Nagari Sianok yang berujung di kecamatan Palupuh. Ngarai Sianok merupakan lembah yang berada di perbatasan Bukittinggi dengan kecuraman 100 meter yang menawarkan keindahan panorama alam.

Tiket masuk untuk lokasi wisata Ngarai dibanderol cukup murah yakni seharga 4 ribu rupiah. Jika Anda penyuka petualang, obyek wisata Ngarai Sianok sangat direkomendasikan, namun jika membawa anak-anak sebaiknya dihindari karena lokasinya cukup berbahaya.

 

8. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

kebun binatang sumatera baratRating Travicana (4 Star)

Meski kebun binatang ini cukup tua karena dibangun pada tahun 1900 oleh Belanda, namun koleksi binatangnya sangat lengkap dari macan loreng khas Sumatera hingga badak pun ada.

Jika Anda membawa anak-anak tentu saja ini akan menjadi tempat wisata favorit karena akan memberikan pengetahuan tentang hewan-hewan sekaligus tempat bermain anak.

Tidak seperti Ragunan, Margasatwa di BukitTinggi hanya membanderol tiket masuk seharga 5000 rupiah, termurah se Indonesia bahkan di dunia, kecuali ketika musim libur tiba, tiket masuknya akan dinaikan.

 

9. Lubang Jepang

wisata sejarah sumbarRating Travicana (3,5 Star)

Ini adalah obyek wisata sejarah ketiga di BukitTinggi. Lubang Jepang dibuat pada tahun 1942 sebagai benteng pertahanan tentara Jepang ketika jaman penjajahan. Di dalamnya terdapat banyak ruangan seperti tempat penyimpanan senjata, interogasi, penjara, dan pertahanan.

Pada saat ini, Lubang Jepang dipelihara sedemikian rupa dengan penambahan kafe dan theater untuk memanjakan pengunjung agar melepaskan lelahnya setelah berjalan menelusuri lorong-lorong yang ada didalamnya.

Harga tiket masuk hanya 6 ribu rupiah, namun bagi pengunjung pertama kali disarankan menggunakan jasa pemadu wisata agar tidak tersesat dalam menelusuri lorongnya karena sangat panjang dan banyak persimpangannya.

 

10. Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu

rumah adat padangRating Travicana (3,5 Star)

Bagi Anda yang ingin lebih mengenal kota Bukit Tinggi, maka destinasi wisata yang tepat adalah rumah adat Baanjuang.

Ini adalah tempat wisata di Bukit Tinggi yang justru paling sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Didalamnya terdapat banyak sekali miniatur rumah gadang khas Sumatera dan peralatan-peralatan tempo dulu.

Beberapa tempat wisata lainnya yang wajib dikunjungi adalah Kuliner BukitTinggi. Ada 3 tempat yang paling terkenal dan rasanya sangat khas yakni Sate Mak Syukur, Bika si Mariana, dan Nasi Kapau Uni Lis. Rasakan masakannya, niscaya Anda akan ketagihan dan balik lagi ke Bukit Tinggi untuk mencobanya.

Pencarian Lainnya: