tempat wisata alam di Jakarta

Tempat Wisata Alam di Jakarta yang Terbaik

Posted on

Tempat Wisata Alam di Jakarta banyak orang kesulitan mencarinya. Karena orang berpikiran bahwa kota metropolitan ini terlalu sesak dengan bangunan gedung-gedung dan wisata buatan serta jalan-jalan yang membingungkan. Namun di pinggir kesesakan itu tersimpan tempat sejuk di Jakarta yang bernuansa alam.

Selain wisata anak Jakarta, terdapat pula tempat refreshing di Jakarta bernuansa alam yang menjadi favorit dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.

obyek wisata alam di jakarta

Tempat Wisata Alam di Jakarta

Tim Travicana telah mengekplorasi beberapa tempat wisata di Jakarta, sangat sulit memang menemukan obyek wisata alamnya, sehingga kami hanya menemukan satu obyek wisata alam yang ada di sekitaran Jakarta.yakni:

Taman Nasional Kepulauan Seribu

tempat wisata alam di JakartaRating Travicana (4,8 Star)

Di Kepulauan Seribu, Anda dapat melupakan sejenak hiruk pikuk Jakarta yang terasa sangat sempit.

Taman Nasional yang terletak di sebelah utara Jakarta ini memiliki luas 170 ha. Terdiri dari bebeberapa pulau kecil dan lautan.

Kepulauan Seribu menjadi magnet pariwisata untuk menarik wisatawan karena terdapat banyak sekali spot menarik dengan dukungan infrastruktur yang memadai seperti dermaga, tempat penginapan, anjungan, dan restoran.

Kepulauan Seribu menjadi satu-satunya tempat wisata alam di Jakarta yang sangat sempurna, karena selain sebagai tempat refreshing juga menawarkan wisata pendidikan seperti mempelajari cara rehabilitasi karang, hutan mangrove, penyu, elang, dan penanaman lamun. Spot diving dan snorkeling juga menjadi daya tarik wisatawan, setidaknya ada 26 titik yang dapat memberikan kepuasan tentang kehidupan bawah laut. Jika ingin berhemat, Anda juga dapat mendirikan kemah di kepulauan Seribu sebagai tempat istirahat dan menginap.

tempat sejuk di Jakarta

Salah satu obyek wisata alam favorit di Kepulauan Seribu adalah Pulau Tidung. Untuk menuju ke sana, satu-satunya jalan adalah melalui kapal. Anda bisa ke dermaga Marina Ancol yang berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Bisa juga melalui Pelabuhan Sunda Kelapa ataupun Muara Angke yang berada di Penjaringan, Jakarta Utara. Satu lagi pelabuhan terbaru yang bisa mengkakses ke Pulau Seribu adalah Pelabuhan Kalibaru yang juga berada di Jakarta Utara.

tempat refreshing di Jakarta

Biaya untuk naik kapal ke Kepulauan Seribu berkisar antara Rp. 40-60 ribu. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Tidung yakni antara bulan April hingga Oktober karena cuacanya sangat mendukung. Selain bulan-bulan tersebut biasanya cuacanya tidak bersahabat, yang mungkin bisa menghambat suasana liburan.

Berapa sih biaya penginapan di Pulau Tidung? Jika anda berencana untuk menginap, biaya penginapan di Pulau tidung berkisar antara 150 ribu hingga 400 ribu per kamar, tergantung dari fasilitas yang dimiliki penginapan tersebut. Jika ingin menyelam, tersedia juga peralatan diving dengan biaya sewa mulai dari 25 ribu rupiah. Ada juga penyewaat boat untuk berkeliling pulau yang agak sedikit mahal dikisaran 450 ribu.

Pulau Tidung sangat luas hampir 109 hektar, sehingga untuk mengeksplorasi keseluruhannya tidak mungkin berjalan kaki untuk itu menyewa sepeda adalah jalan terbaik selain menghemat waktu juga menjaga kebugaran fisik Anda. Saat ini banyak sekali agen tour dan travel yang memiliki paket perjalanan ke Pulau Tidung, tinggal kumpulin beberapa orang yang ingin berwisata kesana sehingga biayanya lebih murah.