obyek wisata pemalang

Obyek Wisata Pemalang Paling Hits dan Eksotis

Posted on

Obyek Wisata Pemalang sangat banyak, terutama berkaitan dengan wisata alam karena ada banyak curug di Pemalang yang sangat indah, tentu bagi kalian pecinta alam yang berkunjung ke Pemalang wajib untuk mendatangi beberapa objek wisata yang ada di Pemalang. Sebagai info, Kota Pemalang berada di antara Tegal dan Pekalongan. Berbatasan pula dengan Kabupaten Purbalingga di sisi selatan.

Sebagian wilayah Pemalang berada di dataran tinggi dan sebagian lainnya berada di dataran rendah, sehingga kabupaten ini memiliki pesisir pantai dan juga banyak air terjun yang sangat memukau, namun demikian tidak semuanya ter eksplor dengan baik sehingga hanya beberapa yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi

 

5 Obyek Wisata Pemalang Paling Eksotis

Berikut daftar tempat wisata di Pemalang yang sangat direkomendasikan. Karena sebagian besar berkaitan dengan air, maka sebaiknya sebelum berkunjung persiapkan baju ganti dan juga handuk agar bisa menikmati wisata sepenuhnya.

Pantai Widuri

Kabupaten Pemalang berbatasan juga dengan laut jawa, sehingga memiliki pantai yang indah. Pantai yang paling terkenal di Pemalang adalah Pantai Widuri, karena letaknya yang tidak jauh dengan pusat kota, yakni hanya sekitar 3 km saja.

obyek wisata pemalang

Apalagi, pantai ini sangat diperhatikan oleh pemerintah daerah, sehingga terdapat berbagai fasilitas pendukung rekreasi seperti kolam renang, tempat makan, dan juga toilet untuk bilas, serta permainan anak dan lapangan tenis. Tidak tertutup kemungkinan di areal pantai ini akan dibangun juga waterboom guna menambah pendapatan daerah.

 

Telaga Silanting Pemalang

Obyek wisata Pemalang yang juga sangat terkenal adalah Telaga Silanting yang terletak di Desa Sikasur, Belik, Pemalang. Dari pusat kota berjarak sekitar 35 km. Keasriannya sangat direkomendasikan untuk tempat wisata keluarga di Pemalang. Karena terdapat permainan anak-anak serta bebek kayuh untuk memutari telaga dengan biaya yang sangat murah.

tempat wisata keluarga pemalang

Telaga Silanting dikelola langsung oleh Pemerintah Daerah sejak tahun 1996. Sarana dan prasarana pun sudah dibangun untuk mendukung kemajuan sektor pariwisata demi menggenjot pendapatan asli daerah. Tersedia tempat makan, toilet, parkir yang luas serta aneka permainan. Harga tiket masuk Telaga Silanting Pemalang hanya 4 ribu rupiah per orang. Cukup murah bukan? Apalagi di hari-hari tertentu juga diadakan acara panggung terbuka seperti organ dan orkes.

 

Curug Bengkawah Pemalang

Tidak jauh dari Telaga Silanting juga terdapat obyek wisata Pemalang lainnya yakni Curug Bengkawah. Ada petunjuk jalan menuju Curug di depan jalan sebelum masuk ke areal Telaga. Di baleho besar yang dekat pasar Rangdudongkal, arah menuju Purbalingga.

Curug di Pemalang

Untuk menuju ke Curug Bengkawah butuh perjuangan ekstra keras karena harus melewati persawwahan dan perbukitan. Apalagi jarak antara tempat parkiran kendaraan masih jauh ke lokasi curug sehingga harus berjalan kaki yang agak lumayan membuat lelah.

Harga tiket Curug Bengkawah hanya 10 ribu itupun hanya untuk ongkos parkir. Selain persiapan fisik juga perlu persiapan perbekalan karena di areal ini tidak ada yang jualan makanan atau minuman, sehingga harus membawa perbekalan yang cukup, tetapi ingat jangan buang sampah sembarangan. Bawa kembali sampahnya agar tempat ini terjaga keasriannya.

 

Curug Sibedil

Curug di Pemalang lainnya adalah curug Sibedil. Letak curug Sibedil berada di Desa Sima, Kecamatan Moga. Air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter. Jarak dari pusat kota sekitar 30 km yang dapat ditempuh dengan kendaraan umum kurang dari 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan umum. Nama Sibedil ini diambil dari cerita masyarakat sekitar karena bunyi kucuran air di batu mirip sebuah dentuman senjata laras panjang atau meriam.

curug di pemalang sibedil

Cara menuju lokasi Curug Sibedil ini yakni jika kamu dari Purwokerto atau Purbalingga, maka tinggal naik bis menuju terminal Randudongkal, kemudian turun lalu dilanjutkan bus yang menuju Terminal Moga. Lalu ada angkutan pedesaan yang tersedia yang mengarah ke Mandiraja. Turun di Karangbulu atau depan SD Negeri 5 Sima. Tanyalah ke warga sekitar. Jalan kaki dari situ menuju lokasi Curug Sibedil sekitar 300 meter saja.

 

Curug Dhuwur

Tempat menarik di Pemalang lainnya adalah Curug Duwur atau dalam bahasa Indonesia berarti air terjun tinggi. Letaknya berada di Desa Waranata, Bantarbolang, Pemalang. Meskipun terkenal menyeramkan karena cerita-cerita yang tidak tahu dari mana asalnya, tetapi setelah sampai disana dijamin tempatnya sangat asri dan cocok untuk refreshing.

Perjalanan menuju ke lokasi Curug Dhuwur cukup menantang karena tidak dapat dilalui kendaraan, jadi harus dititipkan terlebih dahulu di warung dekat jalan utama. Jalannya yang licin jadi harus hati-hati tetapi keindahan hijaunya sawah dapat menghilangkan rasa lelah perjalanan apalagi ketika sampai di curug Dhuwur yang ekstotis.

letak curug dhuwur

Karena tidak adanya fasilitas pendukung di lokasi Curug Dhuwur, maka sebaiknya bawa perbekalan yang cukup. Jika ingin menikmati dinginnya air, maka bawa juga pakaian ganti. Tempat ini sangat cocok bagi yang memiliki jiwa petualang mengingat perjalanannya sangat menantang dan membutuhkan semangat dan tenaga yang cukup tinggi.

curug pemalang

Banyak sekali bebatuan besar di Curug Dhuwur, yang menambah eksotis. Harus di ingat bahwa jika kita berada di tempat ini harus berdoa dan menjaga sopan santun meski tidak ada orang yang melihatnya agar tidak terjadi hal-hal yang di inginkan.

 

 

Pencarian Lainnya:

  • eksplor pemalang
  • eksplore pemalang
  • esplor pemalang