Letak Gunung Bromo

Letak Gunung Bromo dan Detailnya

Posted on

Letak Gunung Bromo – Bagi kamu yang ingin pergi berlibur pertama kali ke Gunung Bromo pasti akan kesulitan menemukan rute dan tempatnya, dan atau bagaimana cara menuju kesana. Dalam artikel ini, Travicana akan mengupas tuntas tentang Wisata Gunung Bromo.

Secara geografis, Gunung Bromo terletak di Jawa Timur, tepatnya di antara empat kabupaten, hampir mirip dengan Gunung Slamet. 4 Kabupaten tersebut antara lain Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo.

Letak Gunung Bromo

Rute dan Letak Gunung Bromo

Beberapa rute menuju lokasi wisata Gunung Bromo sudah dapat dilalui dengan kendaraan, karena kondisinya sudah cukup baik. Bagi anda yang berada di luar kota, misalnya saja dari Surabaya, maka anda harus pergi menuju ke Sidoarjo, lalu ke Pasuruan dan kemudian ke Probolinggo, baru ke Lokasi Bromo.

Begitu juga jika Anda berangkat dari Kota Malang baik dari terminal ataupun stasiun, maka Anda harus menuju Pasuruan–>Probolinggo–>Lokasi Bromo. Jika dilihat dari Google Map, Letak Gunung Bromo akan tampak seperti pada gambar berikut:

Lokasi Gunung Bromo

Jika Anda dari Kediri, maka perjalanan yang harus ditempuh setidaknya memakan waktu 4 jam hingga ke Probolinggo, yakni langsung menuju Tulung Agung, kemudian ke Jombang lalu berhenti di terminal Mojokerto. Baru kemudian menuju Terminal Pasuruan. Setelah itu, Anda bisa menggunakan bus untuk menuju Terminal Probolinggo.

Dari Probolinggo, maka anda harus menuju Sukapura dengan jarak tempuh 22 KM, kemudian dilanjutkan menuju Cemorolawang hingga Lokasi Wisata Gunung Bromo yang hanya berjarak sekitar 2,5 KM.

Di sekitaran Gunung Bromo, banyak sekali tempat penginapan dengan harga terjangkau yang bisa digunkan untuk beristirahat dan melepas lelah. Diantaranya Hotel Bromo Permai, Cemoro Lawang, Cemara Indah, dan Lava View Lodge, yang kesemuanya terletak di Jl. Raya Cemoro Lawang desa Ngadisari. Harga per kamar bervariasi. Kelas ekonomi mulai dari harga 218 ribu rupiah, hingga kelas eksekutif seharga 693 ribu rupiah.

Karena Gunung Bromo merupakan Gunung berapi aktif maka sebaiknya sebelum berangkat menuju Lokasi Gunung Bromo di cek terlebih dahulu tentang cuaca dan kondisi wilayah lokasi wisata melalui situs BMKG. Sehingga perjalanan akan nyaman dan tetap mengutamakan keselamatan.

Jika sudah berada di Gunung Bromo, jangan lewatkan untuk menikmati keindahan matahari terbit, padang rumput Savanah, Pasir Berbisik dan Kawah Bromo. Selamat berlibur!