wisata alam kalibiru

Info Wisata Alam Kalibiru Lengkap

Posted on

Wisata Alam Kalibiru – Jalan jalan di kota Gudeg Yogyakarta maka terasa tidak lengkap jika belum pernah mengunjungi objek wisata yang sedang hits disana yakni wisata alam Kalibiru. Ada apa di Kalibiru? Yakni sebuah tempat dengan panorama indah khas pegunungan, tentu saja tempat ini sangat diburu oleh para pecinta selfie karena banyak sekali spot menarik sebagai tempat foto bareng.

 

Wisata Alam Kalibiru Selengkapnya

Alamat lengkapnya berada di Kalibiru, Hargowilis, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasinya berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Karena letaknya yang sangat tinggi tentu saja hampir dapat melihat keindahan alam yang ada di bawahnya, bahkan jika cuacanya sedang bagus, ombak di pantai selatan pun terlihat dari daerah perbukitan ini!

Wisata alam kalibiru sendiri berada di alamat Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak pada ketinggian 450 m dpl, dengan ketinggian itu pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang begitu alami seperti perbukitan di bukit menoreh dan juga waduk sermo, apabila cuacanya sedang cerah maka pengunjung juga dapat melihat ombak pantai selatan. Bila berada disana sore hari kamu dapat berkesempatan melihat sunrise dari arah timur yang nampak jelas dengan hamparan dataran yang luas.

Jalan Menuju Kalibiru

Untuk menuju ke Kalibiru, jika dari Jogjakarta paling hanya 1,5 jam saja. Cukup mengikuti jalan yang menuju arah Wates atau melewati Jl. Godean. Kemudian menuju ke Waduk Sermo. Di sana akan terpampang papan besar yang menunjukan arah ke Kalibiru. Rute jalan menuju Kalibiru agak menanjak, jadi harus hati-hati jika membawa kendaraan sendiri. Kondisi kendaraan harus sangat prima. Jika tidak memiliki kendaraan pribadi ada juga angkutan umum yang menuju ke Kalibiru.

Jalan Menuju Wisata Alam Kalibiru

Ketika akan memasuki areal wisata alam Kalibiru, maka anda akan melalui jalan setapak menanjak yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Tempat wisata ini sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2008, saat ini fasilitas penunjang kegiatan wisata sudah cukup baik, sehingga pengunjung dapat dengan tenang menikmati wisata alam Kalibiru.

Penginapan di Kalibiru

Rasa-rasanya jika sudah sampai di Kalibiru namun tidak menginap akan terasa hambar, karena kita akan melewatkan keindahan sunrise di pagi hari. Padahal inilah yang paling amazing dibandingkan dengan keindahan panorama alam kalibiru lainnya.

Ternyata ada juga loh tempat menginap di areal wisata perbukitan ini. Setidaknya ada 6 cottage yang dapat digunakan untuk menginap dengan harga per kamar mulai dari 250 ribu. Harga tersebut belum termasuk sarapan dan makan siang.

Penginapan di Kalibiru

Jika ber ramai ramai pun diperkenankan untuk menginap di cootage tersebut, hanya saja tidak menggunakan tempat tidur alias gelar tikar. Namun demikian rasanya akan lebih seru dan murah jika beramai ramai menginapnya. Asyiknya lagi ada tempat makan yang murah di sekitar penginapan sehingga kita tidak akan kesulitan menemukan makanan.

Tiket Masuk Kalibiru Kulon Progo

Harga tiket masuk Kalibiru Kulon Progo tergolong sangat murah. Hanya dengan 5 ribu rupiah saja per orang. Namun jika ingin berfoto di spot terbaik dikenakan biaya tambahan hingga 40 ribu rupiah, yang bisa menggunakan 4 spot latar yang ada disana. Jika tidak sedang antri maka dalam waktu 5 menit kita sudah memiliki foto dengan latar belakang wisata alam Kalibiru yang indah.

Kategori Harga (Rp.)
Tiket Masuk/orang Rp 10.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Spot High Rope Game (HRG) Rp 35.000
Spot Foto Panggung Rp 15.000
Spot Foto 1 Rp 15.000
Spot Foto Bundar/Tampir Rp 15.000
Spot Foto 2 Rp 10.000
Spot Foto 3 Rp 10.000

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Wisata Alam Kalibiru adalah di sore hari ketika matahari mulai meredup, sehingga jepretan kamera mendapatkan angle yang pas dan tidak bertabrakan dengan teriknya sinar matahari.

wisata alam kalibiru

Pohon pinus yang terletak di pinggir jurang menjadi pijakan kita melihat keindahan alam pegunungan Menoreh. Ada pula tangga gantung dan kegiatan outbound untuk mengetes adrenalin kita, namun tetap harus hati-hati yah. Sangat tidak dianjurkan bagi pengidap penyakit jantung atau phobia ketinggian.

Pencarian Lainnya:

  • wallpaper pemandangan ukuran besar