obyek wisata di ambon

8 Tempat Wisata di Ambon Manise Paling Menarik

Posted on

Tempat Wisata di Ambon apa yang paling terkenal? Tentu saja adalah keindahan alamnya, sehingga disebut Ambon Manise. Bahkan oleh bangsa pendatang seperti Eropa dan Cina, Ambon mendapat julukan Oasis di tengah lautan. Ibukota propinsi Maluku ini menjadi pusat pemerintahan, pariwisata, pelabuhan hingga pendidikan.

 

10 Tempat Wisata di Ambon Manise yang Wajib Dikunjungi

Meskipun ada masa lalu yang kelam di Ambon akibat konflik sara. Kini, masyarakat Ambon sudah mulai terbuka dan menerima perbedaan, jadi sudah sangat aman untuk dikunjungi setiap saat. Beberapa tempat wisata di Ambon yang paling Travicana rekomendasikan antara lain:

1. Pantai Liang

Rating Travicana (4,7 Star)

Keindahannya diakui oleh PBB, sehingga dinobatkan sebagai pantai terindah di tahun 1991. Penduduk lokal menyebutnya pantai Hunimua. Kelebihannya adalah hamparan pasir putih yang luas dan memanjang dapat melihat jernihnya air yang kebiruan dengan ombak yang sedang sehingga sangat aman dan cocok untuk berenang dan sekedar berjemur atau bersantai di bawah pohon yang rindang dengan angin yang sepoi-sepoi pasti sangat nikmat.

tempat wisata di Ambon

Tempat wisata di Ambon terbaik ini berada di Desa Liang Kecamatan Salahutu. Jika dari pusat kota Ambon berjarak sekitar 40 km yang dapat ditempuh dalam waktu 1 jam saja. Harga tiket masuk pantai Liang hanya 15 ribu rupiah. Di areal pantai juga terdapat fasilitas umum seperti toilet dan warung makan dengan harga yang cukup terjangkau.

 

2. Pulau Nusa Pombo, Ambon, Maluku

Rating Travicana (4,6 Star)

Salah satu pantai terindah di Ambon adalah Nusa Pombo. Airnya yang sangat jernih sangat cocok untuk kegiatan diving dan snorkeling. Di pantai ini, pengunjung juga dapat menikmati keindahannya dengan memasang tenda untuk berkemah. Lokasi Pulau Nusa Pombo berada di Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah.

Nusa Pombo Island

Kejernihan airnya menciptakan pemandangan bawah laut yang sangat luar biasa, hingga terkenal ke manca negara. Penyelam dari Eropa menjadikan tempat ini spot selam terbaik setelah taman laut Bunaken.

Akses menuju Pulau Nusa Pombo sudah sangat baik, hanya 1 jam dari kota Ambon menuju Pantai Liang, Tulehu. Kemudian di Pantai Liang menggunakan perahu motor ke Pulau Nusa Pombo sekitar 20 menit. Banyak perahu motor atau speed boat yang disewakan oleh penduduk setempat untuk wisata ke Pulau Pombo atau hanya berkeliling pantai Liang.

 

3. Pantai Pintu Kota

Rating Travicana (4,5 Star)

Pantai yang indah kedua di Ambon adalah pantai pintu kota. Hampir mirip dengan pantai Liang, namun ini lebih sebagai ikon kota Ambon karena ada tebinbg karang raksasa yang menjorok hingga menyerupai pintu besar. Hantaman ombak pada karang tersebut selalu menyajikan atraksi yang menarik dan tidak bosan untuk melihatnya.

obyek wisata di ambon

Pengunjung seringkali menjadikan tebing karang yang menyerupai pintu tersebut sebagai latar prewedding dan ber foto-foto sehingga pantai ini lebih terkenal dari pantai Liang sendiri. Batu karang yang banyak ditemukan di pantai ini menambah ke eksotisannya.

Harga tiket masuk Pantai Pintu Kota hanya 5 ribu rupiah. Jika anda tidak membawa perbekalan, tidak perlu khawatir karena di sepanjang pantai banyak penjajak makanan yang mangkal sekaligus toilet umum juga tersedia. Sangat ramai dikunjungi di akhir pekan.

 

4. Pantai Santai

Rating Travicana (4,4 Star)

Satu lagi pantai terbaik di Ambon yakni pantai Santai. Pas sekali dengan namanya, hamparan pasir dengan panorama laut yang indah serta banyaknya penjual pisang goreng di bawah rindangnya pohon menambah suasana santai di Pulau ini. Kita dapat menikmati es teh dan pisang goreng yang hangat sembari menikmati deburan ombak untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas yang membosankan.

lokasi pantai santai ambon

Jika anda cukup aktif, maka bisa menghabiskan waktu dengan menyelam dan snorkeling. Jika belum pernah melakukannya, jangan khawatir karena di tempat ini tersedia peralatan dan pemandu yang siap menolong anda belajar berenenagn dan menyelam. Jarak dari kota Ambon menuju pantai Santai hanya 16 km. Apalagi banyak penginapan murah yang ada di dekat pantai.

 

5. Pemandian Air Panas Negeri Tulehu

Rating Travicana (4,3 Star)

Meskipun terdapat banyak pantai tetapi sebagian kecil kota Ambon berada di perbukitan, sehingga memiliki suhu yang sama sekali berbeda. Jarak dari pusat kota menuju ke wilayah perbukitan sekitar 30 km. Di sana terdapat tempat santai dan relaksasi yang sangat sempurna, yakni pemandian air panas, dan juga tempat karaoke.

harga tiket pemandian Tulehu

Meski agak tradisional, tetapi tempatnya cukup nyaman. Tingkat panas airnya juga cukup baik sehingga dapat mengobati rasa lelah yang ada tdi badan. Kita dapat relaksasi di tempat ini sembari menikmati lagu yang dapat kita pesan dengan membayar 2500 rupiah. Harga tiket masuk pemandian Tulehu sangat murah, hanya sebesar 5 ribu rupiah. Jika merasa lapar, tersedia juga makanan cepat saji seperti mie rebus dan ketela, serta kopi hangat.

 

6. Benteng Ferangi

Rating Travicana (4,1 Star)

Bekas peninggalan sejarah penjajahan di tahun 1575 oleh Portugis sebagai pusat pemerintahan kala itu dinamakan benteng Victoria, kini sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi. Terdapat benda-benda bekas perang seperti meriam raksasa dan senjata-senjata Belanda.

tempat bersejarah di Ambon

Jaraknya sangat dekat dekat pusat kota Ambon, hanya 300 meter saja. Karena sebagai tempat yang sangat bersejarah lahirnya kota Ambon, masyarakat tidak dipungut biaya jika berkunjung ke Benteng Ferangi, agar lebih mengenal sejarah kota Ambon.

 

7. Benteng Amsterdam

Rating Travicana (4,0 Star)

Benteng yang merupakan peninggalan bersejarah yang lebih tua adalah Benteng Amsterdam, dibangun sekitar tahun 1512 dengan sangat megahnya, memiliki 3 lantai utama. Sebagai pusat militer dan pengawasan melalui menara yang menjulang tinggi serta penyimpanan hasil bumi. Benteng Amsterdam terletak di Kecamatan Hila, Ambon.

benteng amsterdam ambon

Lokasinya yang dekat dengan pantai sangat cocok untuk menjadi tempat selfie dan foto-foto. Sayangnya benteng ini sangat kurang perawatannya, tampak banyak sekali lumut yang menutupi bangunan dan tidak adanya fasilitas yang disediakan untuk pengunjung yang memadai.

 

8. Museum Siwalima

Rating Travicana (3,9 Star)

Kunjungan terakhir tempat wisata di Ambon diakhiri di Museum Siwalima yang menyimpan berbagai koleksi seni budaya peninggalan suku asli Maluku seperti baju asli suku Maluku, peralatan rumah tangga, miniatur rumah adat dan juga terdapat guci-guci berharga peninggalan Jepang.

sejarah ambon

Selain itu, terdapat juga museum yang menyimpan kerangka ikan raksasa sepanjang 9 m, 17 m dan 19 m. Kemungkinan dari jenis paus. Tempat ini terbuka untuk umum dari jam 9 hingga jam 16.00 dengan harga tiket sebesar 3 ribu rupiah.