banyu panas palimanan

7 Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Cirebon –  Kota yang berbatasan langsung dengan Indramayu yang sangat ramai karena merupakan jalur utama pantura. Kota yang berjaya di abad 16-18 pada masa kerajaan Kasepuhan meninggalkan berbagai budaya dan sejarah yang masih terjaga dan melekat hingga masa kini sehingga membuka peluang pariwisata kota Cirebon terus meningkat.

 

7 Tempat Wisata di Cirebon Paling Menarik

Beberapa tempat yang merupakan peninggalan sejarah sangat menarik untuk tujuan wisata guna mengenal kebudayaan Cirebon. Tempat wisata Kuliner di Cirebon juga tidak kalah menariknya yang terkenal dengan Empal Gentong dan tahu gejrotnya yang sangat pedas. Dari semua yang menarik, berikut daftar tempat yang harus dikunjungi di Cirebon.

 

1. WaterBoom Siwalk Cirebon

Rating Travicana (4,5 Star)

Jarak dari Pantura Mundu sekitar 8 km, yang terletak di Setu Patok. Waterboom Siwalk sangat ramai dikunjungi oleh warga Cirebon dan sekitarnya seperti Kuningan, Indramayu dan juga Brebes. Dengan menempati lahan seluas 175 hektar, Siwalk memiliki berbagai wahana permaianan yang banyak digemari oleh anak-anak dan juga keluarga.

tempat wisata di Cirebon

Harga tiket masuk Siwalk Cirebon dibanderol 5 ribu per orang. Cukup mahal terjangkau memang tetapi harga tersebut hanya biaya karcis masuknya saja, sehingga untuk menikmati wahana yang ada seperti ATV, flying fox, petualangan outbound, speed boat, hingga pemancingan perlu biaya tambahan. Taman Siwalk sangat lengkap, lapangan permainan golf pun tersedia disini. Selain itu, anda juga bisa menikmati panorama indah di Situ Patok dengan menggunakan perahu.

 

2. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Rating Travicana (4,4 Star)

Taman ini dahulunya bernama Traffic Garden yang terletak di pesisir pantai utara Cirebon, persis bersebelahan dengan pelabuhan Cirebon. Taman ini sebagai pusat kegiatan kegiatan pemerintah daerah seperti panggung hiburan dari artis ibukota atau daerah, sehingga tempat ini selalu ramai dikunjungi dari berbagai pelosok Cirebon hingga tetangga dekat seperti Indramayu, Kuningan dan Brebes.

tempat wisata cirebon

 

Selain bersantai di taman, pengunjung juga dapat menikmati panorama sunset di Pantai Kejawanan yang juga ramai pengunjung setiap akhir pekan. Anda juga dapat berkeliling pantai dengan menyewa perahu seharga 20 ribu untuk 30 menit menikmati keindahan laut dan hiruk pikuk pelabuhan.

Taman Ade Irma Suryani merupakan program ruang terbuka hijau yang digalang oleh Pemerintah Daerah Cirebon. Dengan lahan seluas 2,5 hektar ini dijadikan lahan serapan sekaligus taman kota yang digunakan sebagai tempat wisata guna memperindah penampilan kota.

 

3. Keraton Kasepuhan

Rating Travicana (4,3 Star)

Salah satu peninggalan sejarah Cirebon yang termegah karena perawatannya yang sangat baik sehingga selalu lestari dan terjaga. Pertama kali dibangun  oleh Cicit Sunan Gunung Jati yaitu Pangeran Mas Mochmammad Arifin II pada tahun 1529, Keraton ini menjadi pusat pemerintahan kerajaan Cirebon hingga saat ini. Keraton Kasepuhan berada di Jalan Jagasatru, Cirebon.

Wisata budaya Cirebon

Keraton Kasepuhan memiliki berbagai benda pusaka dan peninggalan-peninggalan sejarah yang sangat berharga seperti lukisan, kereta, dan sebagainya yang rapi tersimpan di dalamnya. Keraton Kasepuhan terbuka untuk umum sehingga pengunjung dapat mengetahui asal-usul dan kebudayaan Cirebon.

Harga tiket masuk Keraton Kasepan hanya 8 ribu rupiah. Dengan harga yang cukup terjangkau, anda dapat menikmati kultur bangunan kerajaan campuran baik dari Eropa, China, Arab, India, dan Sunda. Hal tersebut terlihat dari gaya ukiran pintu khas Eropa, dan gerbang yang diadaptasi dari pura Bali, hingga pagar siti hinggilnya mengadopsi budaya Cina yang terbuat dari Keramik.

 

4. Taman Sari Gua Sunyaragi

Rating Travicana (4,2 Star)

Satu lagi tempat wisata di Cirebon yang bertema cagar budaya. Tempat ini dibangun oleh Pangeran Kararangen pada sekitar tahun 1703 sebagai tempat meditasi atau bertapa. Dalam bahasa Jawa disebut Sunyaragi yaitu tempat meditasi raga.

objek wisata Cirebon

Terdapat 18 arsitektur kuno yang merupakan perpaduan budaya Cina dan Indonesia. Anda dapat mengenal budaya Cirebon sekaligus berfoto ria. Harga tiket masuk Gua Sunyaragi hanya 10 ribu rupiah per orang, yang dibuka mulai jam 8 hingga 4 sore.

 

5. Banyu Panas Palimanan

Rating Travicana (4,1 Star)

Pemandian air panas Palimanan ini berada di kawasan PT Indocement, yang memproduksi semen. Pintu masuk kawasan ini harus melalui pos penjagaan pabrik. Biasanya ramai dikunjungi ketika akhir pekan. Kandungan belerang pada kolam ini sangat tinggi sehingga dapat merelaksasi tubuh sekaligus perantara penyembuhan berbagai penyakit yang ada di badan.

banyu panas palimanan

Harga tiket masuk Banyu Panas Palimanan hanya 11 ribu rupiah per orang, anda sudah dapat menikmati pemandian sepuasnya. Fasilitas di areal ini cukup lengkap, sangat cocok untuk liburan keluarga dan bersantai menikmati sauna alami yang bermanfaat untuk terapi. Selain airnya yang hangat, anda juga dapat menikmati panorama alam yang menyejukan.

 

6. Keraton Kanoman

Rating Travicana (4,0 Star)

Keraton Kanoman merupakan tonggak perkembangan agama Islam di Cirebon yang dibawa oleh Sunan Gunung Jati pada awal abad 16. Terdapat berbagai benda bersejarah yang tersimpan di Keraton ini seperti kereta perang Paksi Naga Liman dan Kereta Jempana sebagai simbol kebudayaan Islam yang terinspirasi oleh kendaraan Nabi Muhammad melakukan perjalanan Isra Mi’raj yakni Buraq.

Wisata keraton

Harga tiket masuk Keraton Kanoman hanya 5 ribu per orang. Letaknya di Jalan Winaon, Lemah Wungkuk Cirebon. Lokasi tepatnya berada di belakang pasar Kanoman. Jadi sembari berwisata melihat kebudayaan Cirebon, Anda juga dapat melakukan wisata kuliner Cirebon di Pasar Kanoman. Banyak penjual makanan khas Cirebon disana dengan harga yang sangat terjangkau.

 

7. Ziarah Makam Sunan Gunung Jati

Rating Travicana (3,9 Star)

Inilah tempat wisata di Cirebon yang paling dikenal oleh masyarakat muslim di pelosok nusantara. Hampir setiap hari ada banyak peziarah dari berbagai propinsi Indonesia mengunjungi makam Sunan Gunung Jati sang penyebar agama Islam di tanah Cirebon.

peta lokasi cirebon

Kompleks pemakaman Sunan Gunung Jati berada di lintasan Jalan Cirebon – Indramayu, kurang lebih berjarak 4 km dari pusat Kota Cirebon ke arah utara. Tidak hanya berwisata, dengan berkunjung dan berziarah ke makam Sunan Gunung Jati diharapkan dapat mencontoh tauladan yang diberikan oleh Sunan Gunung Jati semasa hidupnya.

Jika sudah berjalan-jalan menelusuri tempat wisata di Cirebon kemudian mencari tempat menarik yang juga dekat Cirebon maka destinasi wisata berikutnya adalah ke Pulau Biawak Indramayu yang dapat disambangi menggunakan perahu motor.

Pencarian Lainnya: