tempat wisata di Ciamis

6 Tempat Wisata di Ciamis yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Ciamis – Jika kamu pernah ke Cilacap melalui jalur selatan, pasti akan melewati Kabupaten Ciamis, yang merupakan bagian paling timur dari Propinsi Jawa Barat, dekat dengan Tasik, serta Pangandaran dan Banjar yang merupakan hasil pemekaran dari wilayah Ciamis sejak 2002 dikukuhkan sebagai wilayah otonomo.

 

Daftar Tempat Wisata di Ciamis yang Wajib Dikunjungi

Dengan berkurangnya wilayah Ciamis karena pemekaran tersebut mengakibatkan beberapa potensi wisata seperti Pantai Pangandaran dan sekitarnya berada di luar wilayahnya. Meski demikian, Travicana akan tetap memasukan ke daftar tempat wisata di Ciamis yang wajib dikunjungi mengingat tempat tersebut masih dekat dengan Ciamis.

1. Situ Panjalu Tasikmalaya

Tempat ini memiliki sejarah yang panjang, yang merupakan cikal bakal berdirinya kerajaan Panjalu Ciamis. Namun, sejak tahun 2004, Panjalu dikukuhkan sebagai desa wisata. Letaknya di Kecamatan Panjalu Ciamis, sekitar 35 km dari pusat kota Ciamis, dan 15 km dari Kawali, Kuningan, dan Majalengka. Masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan sebutan Situ Lengkong Panjalu.

Situ Panjalu Tasikmalaya

Di sini, kita dapat melihat keindahan danau dan juga mengenal sejarah Ciamis dengan peninggalan benda-benda pusaka yang tersimpan di Museum Bumi Alit yang berada di tengah danau tersebut, termasuk adanya makam Prabu Harian Kencana dan putranya.

2. Ciung Wanara atau Situs Karangmulyan

Terletak di Karangmulyan Kecamatan Cijeungjing, Ciamis. Ciung Wanara adalah sebuah situs dengan corak Hindu Budha yang merupakan peninggalan Kerajaan Galuh. Tempat ini juga merupakan situs sejarah berdirinya Ciamis. Kawasan ini berdiri di tanah seluas 25 hektar.

Tempat wisata di Ciamis

Dari Banjar hanya berjarak 7 km saja, posisinya yang berada di Jalur selatan antara Ciamis-Banjar dan Pangandaran membuatnya banyak dikunjungi wisatawan, khususnya pada akhir pekan. Banyak dari pengunjung menjadikan Gong Perdamaian yang berada di pintu masuk sebagai objek foto selfi atau bersama.

3. Curug Tujuh Cibolang

Salah satu tempat wisata alam di Ciamis adalah Curug Cibolang yang berada di Desa Sandingtaman, Panjalu, Kabupaten Ciamis atau biasa disebut Curug Tujuh karena di curug ini terdapat 7 air terjun yang saling berdekatan. Harga tiket Masuk Curug Cibolang hanya 4 ribu per orang, dan 2 ribu untuk kendaraan.

wisata alam ciamis

Dari pusat kota Ciamis, dapat ditempuh dengan kendaraan selama 40 menit, atau sekitar 35 km. Jika mau berkunjung ke sini, sebaiknya persiapkan fisik dan perbekalan yang cukup karena kita harus bersabar melewati jalan Panjalu Kawali yang cukup sempit, lebarnya hanya 3 meter saja. Kalau membawa mobil pribadi tentu akan kesulitan jika berpapasan dengan kendaraan lain.

4. Mega Wisata Icakan

Hampir disetiap kota terdapat wisata air buatan dengan berbagai fasilitas. Demikian juga dengan kota Ciamis. Hadir pula dengan waterpark Icakan yang sangat luas dengan fasilitas lengkap. Bangunan ini berdiri di areal seluas 70 hektar, sehingga menjadi yang terbesar di kawasan Timur Jawa Barat.

waterpark icakan ciamis

Kelebihan dari Waterpark Icakan adalah harga tiket yang jauh lebih murah dari tempat lainnya. Hanya dengan 10 ribu rupiah per orang, sudah dapat masuk ke tempat tersebut. Namun demikian, kita masih ditarik biaya tambahan jika ingin menikmati wahana lainnya seperti flying fox, Ciname, boom boom car, dan sebagainya. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota membuatnya sangat ramai dikunjungi keluarga setiap harinya. Jika berminat, silahkan datang langsung ke alamat Kampung Cikacang, Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis.

5. Kampung Adat Kuta Ciamis

Bukan adopsi dari kebudayaan Pantai Kuta Bali, tetapi tempat ini merupakan sebuah kampung dimana kearifan dan budaya lokal tumbuh dan berpegang teguh terhadap aturan adat yang berlaku. Mungkin hampir mirip dengan Suku Badui Dalam.

kampung adat kuta

Masyarakat Kampung Kuta hidup secara tradisional dari pertanian dan hasil hutan. Kita akan terkesima dan belajar tentang menghormati leluhur serta alam yang sangat kaya. Sehingga sangat cocok untuk para traveler agat belajar kesederhanaan dengan membaur masyarakat Kampung Adat Kuta. Letaknya sekitar 34 km ke utara dari kota Ciamis. Dekat dengan Kecamtan Rancah dan Kecamatan Tambaksari.

6. Pantai Pangandaran

Tempat wisata di Ciamis yang sudah berdiri sendiri ini masih sangat layak dikunjungi ketika berlibur di Ciamis. Meski sudah berada di luar Kabupaten Ciamis, tetapi pantai ini tetap menarik perhatian karena keindahan matahari terbenamnya. Terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Jawa Barat. Setelah perisitiwa Tsunami yang menerjang Pangandaran di tahun 2006, kini wisata Pantai Pengandaran sudah pulih kembali menjadi destinasi utama sekitar Kawasan Timur Jawa Barat.

wisata pantai pangandaran

Pantai Pangandaran cukup aman untuk berenang dan bermain air karena fase pasang surutnya yang relatif lama, namun tetap harus hati-hati, khususnya bagi anak-anak yang harus selalu dalam pengawasan. Ada berbagai fasilitas yang tersedia di Pantai pengandaran, dari mulai MCK hingga penginapan tersedia dengan harga yang sangat terjangkau.

Jangan lupa juga berkunjung ke Green Canyon Pangandaran

Pencarian Lainnya: