situ wanayasa purwakarta

5 Tempat Wisata Purwakarta Terbaru

Posted on

Tempat Wisata Purwakarta Terbaru – Berkeliling wilayah Jawa Barat memang sangat menyenangkan, dari mulai ibu kota Jawa Barat yakni tempat wisata di Bandung, pemandian Cipanas, hingga daerah paling ujung yakni Pangandaran. Kini saatnya jelajahi objek wisata di Purwakarta.

tempat wisata purwakarta terbaru

Daftar Tempat Wisata Purwakarta Terbaru

Merupakan kota pinggiran yang tidak jauh dari Jabodetabek dan Bandung, sepertinya Purwakarta dapat dijadikan sebagai tempat wisata alternatif yang layak dikunjungi. Tidak banyak memang, tetapi setidaknya ada beberapa tempat wisata murah di Purwakarta yang dapat mengobati rasa penasaran tentang tempat wisata Purwakarta Terbaru.

1. Curug Cipurut Purwakarta

Curug Cipurut berada di Kawasan Cagar Alam, sehingga masuk dalam pengelolaan Balai Konservasi SDA Jabar I. Jarak dari pusat kota Purwakarta tidak kurang dari 30 km. Rute yang diambil yakni Kota Purwakarta – Kecamatan Wanayasa – Kecamatan Bojong – Desa Sumurunggul.

Dari jalan utama di Desa sumurunggul menuju lokasi Curug Cipurut Purwakarta masih 1,5 km yang harus ditempuh dengan jalan kaki, karena harus melalui setapak di perkebunan teh, kurang lebih hanya 20 menit saja.

curug cipurut purwakarta

Harga tiket masuk Curug Cipurut hanya 3000 rupiah saja, dan 2000 untuk ongkos parkir. Fasilitas yang tersedia di tempat ini sangat minim, sehingga kamu wajib membawa perbekalan makanan yang cukup agar tidak kebingungan mencari makanan.

2. Situ Wanayasa

Dekat dengan Curug Cipurut Purwakarta, terdapat  Situ Wanayasa di Kecamatan Wanayasa, sekitar 40 menit dari pusat kota Purwakarta atau berjarak 40 km. Jalan tercepat menuju lokasi situ Wanayasa yakni melalui melalui Pasar Rebo kemudian menuju jalan Jl. Kapten Halim dan Raya Wanayasa.

Ini adalah salah satu tempat wisata murah di Purwakarta yang sangat kami rekomendasikan. Pemandangan indah danau luas dengan permainan bebek kayuh hingga pemancingan dapat kita nikmati, apalagi udara yang sejuk dan segar di wilayah ini sangat menyehatkan.

situ wanayasa purwakarta

Danau seluas 7 hektar ini berada di kaki gunung Tangkuban Perahu yang berada di Bandung, sehingga kita dapat menikmati keindahan panorama pegunungan dari kejauhan, dijamin sangat membetahkan setidaknya akan mengusir kepenatan dari hiruk pikuk aktifitas yang membosankan.

3. Situ Buleud

Sejak awal tahun 2016, Situ Buleud telah resmi dibuka untuk umum sebagai taman kota. Air mancur di sekitar pepohonan rindang yang asri sangat menenangkan jiwa, apalagi ketika menjelang malam, lampu-lampu yang menghiasi air mancur seolah menari-nari menambah suasana gemerlap.

situ buleud purwakarta

Pemkot Purwakarta menerapkan jam buka untuk menjaga keasrian taman, dari jam 5 pagi hingga 10 siang, kemudian dibuka kembali jam 3 sore hingga 6 petang. Khusus di akhir pekan, pertunjukan air mancur dengan lampu warna warni dapat dinikmati bagi seluruh warga Purwakarta secara gratis.

 

4. Desa Sajuta Batu

Desa wisata ini terletak di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta. Dari pusat kota Purwakarta menuju Desa Sajuta Batu berjarak 26 km. Di sebut dengan sajuta batu karena di tempat ini terdapat banyak sekali batu alam dari yang berukuran kecil, bongkahan, hingga tebing yang biasa digunakan olahraga panjat tebing.

desa wisata sajuta batu

Tidak hanya itu, beberapa yang bisa di eksplor di tempat ini antara lain Situs telapak kaki Jonggrang, Gunung Salasih, Gunung Bongkok, Goa Bolong, Curug Tamiang yang penuh pesona, hingga kerajinan kirai dan kerajinan Kolotok. Alam pedesaan menyajikan pemandangan yang sangat luar biasa.

 

5. Waduk Cirata

Selain waduk Jatijajar, ada pula waduk yang sangat luas di Purwakarta yakni waduk Cirata yang terletak di antata Kabupaten Cianjur, Purwakarta, dan Bandung di bidang tanah seluas 43 ribu hektar. Di samping sebagai pembangkit listrik tenaga air, Waduk Cirata juga menawarkan wisata murah di Purwakarta dengan harga tiket hanya 3 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil.

waduk cirata

Pemandangan yang asri khas pegunungan di sebelah kiri, dan pemandangan alami khas pedesaan di sebelah kanannya membuat tempat ini semakin menarik. Di sekitaran waduk layaknya sebuah danau yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk membudidayakan ikan dengan keramba. Kita juga dapat berkeliling menggunakan perahu yang disewakan disana.

Pencarian Lainnya:

  • curug tamiang purwakarta
  • jelajahi objek wisata di purwakarta
  • curug 5 ciarata
  • curug tamiang
  • eksplor purwakarta
  • tempat wisata purwakarta terbaru
  • wanayas purwakarta
  • wanayasa