tempat wisata di Jawa tengah

5 Tempat Wisata di Jawa Tengah Paling Indah

Posted on

Tempat Wisata di Jawa Tengah sangat banyak sekali, namun yang paling indah, aman dan nyamanlah yang akan masuk dalam daftar Travicana berdasarkan review pengunjung. Propinsi yang berada di tengah Pulau Jawa ini memiliki 35 Kabupaten dengan berbagai keindahan yang ditawarkan dari mulai pegunungan, lautan, hingga obyek wisata buatan.

Hampir seluruh jalan utama di Jawa Tengah sangat baik, beraspal dan berbeton. Akses jalan yang menuju ke lokasi wisata pun sudah sangat bagus, sehingga rencana traveling ke Jawa Tengah tidak akan terganggu. Masyarakat Jawa Tengah juga terkenal sangat ramah dan aman bagi wisatawan, terminal-terminal bus atau stasiun yang ada pun sudah terbebas dari para preman yang mengganggu sehingga perjalanan menggunakan transportasi umum akan aman terkendali.

 

5 Tempat Wisata di Jawa Tengah Terindah

Jika Anda memiliki rencana traveling Jawa Tengah, maka dafatar tempat wisata di Jawa Tengah berikut dapat membantu memberikan informasi yang akurat agar perjalanan wisata anda sesuai dengan arah dan tujuan yang jelas.

 

1. Baturaden, Purwokerto

Rating Travicana (4,8 Star)

Tingkat kepuasan pengunjung ke Objek wisata Baturaden sangat tinggi, sehingga layak masuk daftar urutan pertama sebagai tempat wisata di Jawa Tengah terindah, karena menyajikan keindahan alam, keamanan, kenyamanan, keramahan, dan yang terpenting sangat murah. Baik biaya tiket masuk, makan, hingga penginapan yang sangat sangat murah dibanding tempat wisata lainnya di Jawa tengah.

tempat wisata di Jawa tengah

Baturaden yang terletak di lereng Gunung Slamet berada di dataran tinggi Purwokerto, dengan suhu antara 20-27ยบ C sangat sejuk dan nyaman, terkenal dengan pemandian air panasnya yang mengandung belerang dan pemandangan yang indah di areal Baturaden.

Terdapat banyak sekali penginapan di sekitar wanawisata baturaden dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari 50 ribu-250 ribu per malam. Uniknya, hotel di sekitaran Baturaden dapat disewa per jam 30 rb, sehingga bisa dipakai hanya beberapa jam untuk transit.

 

2. Candi Borobudur, Magelang

Rating Travicana (4,7 Star)

Warisan dunia yang dinyatakan UNESCO telah menjadi destinasi utama di wilayah Jawa Tengah. Bangunan peninggalan abad 11 agama Budha ini memiliki 1460 relief dan 540 Stupa di komplek Candi. Borobudur sangat ramai dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Letaknya yang dekat dengan Jogja menjadikan nilai tambah.

daftar obyek wisata jawa tengah

Harga tiket masuk Candi Borobudur hanya 12500 untuk anak-anak dan 30 ribu untuk dewasa. Kita dapat berkeliling mengenal kebudayaan Budha dan beberapa mitos yang terkandung di Stupa dan Candi-candi yang ada. Candi Borobudur juga masuk dalam daftar Tempat Wisata Terkenal di Indonesia

 

3. Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Rating Travicana (4,6 Star)

Berada di antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Gunung Dieng menyajikan keindahan alam yang sangat memukau hingga dijuluki tempat semayamnya dewa dewi, karena ada telaga Menjer dan sumur Jalatunda. Selain itu bukit Sikunir Dieng serta peninggalan Candi Hindu semakin meneguhkan Dieng memiliki cerita rakyat dan mitos.

Telaga Menjer Dieng
Telaga Menjer Dieng

Harga hotel di sekitar Dieng mulai dari 100-250 ribu per malam. Tergantung fasilitas yang tersedia, namun yang harus dipastikan adalah adanya air hangat untuk mandi karena suhu di daerah Dieng sangat dingin, tanpa air hangat dijamin tidak akan kuat untuk mandi.

 

4. Pantai Kartini dan Bandengan, Jepara

Rating Travicana (4,5 Star)

Jepara adalah wilayah paling ujung Jawa Tengah yang berbatasan dengan Jawa Timur. Ada ikon yang sangat terkenal yakni Pantai Kartini, yang berada di sisi luar pulau Karimunjawa. Jaraknya hanya 2,5 km dari pusat kota Jepara. Terdapat juga Pantai Bandengan yang menegaskan keindahan hambaran pasir putih dengan deburan ombak yang jernih.

pantai kartini jepara

 

Kegiatan yang dapat dilakukan dipantai ini antara lain berenang, memancing, menyelam, snorkeling dan berkeliling menggunakan perahu motor. Kota ukir jati ini juga terkenal dengan keramah tamahan penduduk lokalnya sehingga menjadi nilai plus untuk mengunjungi tempat tempat wisata di Jepara.

5. Goa Jatijajar dan Pantai Logending, Kebumen

Rating Travicana (4,4 Star)

Goa yang terbentuk dari batu kapur ini menyajikan pemandangan yang sangat luar biasa, terdapat berbagai ornamen stalagmit, stalagtit, dan deodrama patung sebanyak 32 buah menambah keunikan Jatijajar ini. Letaknya berada di Kabupaten Kebumen, Jawa tengah.

Jika masuk ke ruang bawah, terdapat sendang Mawar yang mengalir jernih dengan mitos yang menyelimuti bahwa siapapun yang mandi di tempat tersebut akan awet muda. Adapun Sendang Kantil sebagai tempat berdoa.

Goa Jatijajar

Dekat dengan Goa Jatijajar juga terdapat pantai Logending yang sangat indah. Jaraknya sekitar 10 km, yang dapat ditempuh dalam waktu 25 menit saja. Jadi., Anda dapat menjelajahi kota Kebumen yang sangat ramai.

 

Pencarian Lainnya: