tempat wisata di Ngawi

4 Tempat Wisata di Ngawi dengan Rating Terbaik

Posted on

Tempat Wisata di Ngawi – Setelah melakukan perjalanan ke tempat wisata di Madiun, kini tim Travicana bergeser ke wilayah tetangganya yaitu Ngawi, yang hanya berjarak kurang lebih 31 km, yang dapat ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan.

Kabupaten yang berada di bagian paling barat Propinsi Jawa Timur ini berbatasan dengan Kabupaten Blora dan Grobogan yang merupakan bagian dari Propinsi Jawa Tengah. Ngawi memiliki keindahan alam yang sangat mempesona bahkan salah satunya sangat terkenal karena di dapuk sebagai lokasi syuting film Indonesia yakni Air Terjun Pengantin.

tempat wisata di Ngawi

Tempat Wisata di Ngawi dan Sekitarnya

Ada berapa obyek wisata Ngawi? Ngawi memiliki beberapa tempat wisata yang berkaitan dengan alam, sejarah , dan religi, seperti Gunung Liliran sebagai tempat sakral para peziarah makam Joko Buduk dari berbagai pelosok tanah air, khususnya ramai dikunjungi pada malam 1 Syuro dan sepanjang bulan Muharram.

 

1. Waterboom Tirto Nirmolo, Ngawi

Rating Travicana (4,4 Star)

Satu-satunya wahana air buatan di Ngawi yang selalu ramai dipadati pengunjung ini mendapat rating terbaik karena lokasinya yang dekat dari pusat kota dan aman, nyaman untuk rekreasi keluarga. Dan yang terpenting Harga Tiket Masuk Waterboom Tirtonirmolo sangat terjangkau, hanya 12,500 per orang. Mungkin menjadi wisata air buatan termurah se-Indonesia.

obyek wisata di kabupaten ngawi

Terdapat beberapa wahana lainnya di TirtoNirmolo Ngawi, diantaranya bom-bom car, Flying Fox, Bioskop, Kereta gantung, Becak family, dan sebagainya. Namun sangat disayangkan, lokasi yang berada di tengah padang kota jalan Raya Ngawi-Madiun ini sangat panas, karena tidak memiliki pohon-pohon besar di sekitaran kolam renang.

 

2. Wisata Ngawi Air Terjun Pengantin

Rating Travicana (4 Star)

Air terjun yang cukup fenomenal setelah dijadikan judul film horror ini cukup mempesona dengan dua aliran air terjun setinggi 12 meter. Tidak cukup tinggi memang, tetapi kesejukan dan keindahanan alam sekitar sangat luar biasa.

Wisata Ngawi air terjun pengantin

Letak air terjun Pengantin di Besek Ngrambe, Hargomulyo, Kabupaten Ngawi, sekitar 34 km dari alun-alun kota Ngawi. Harga tiket masuk air terjun Pengantin sangat murah yakni hanya 2500 rupiah, karena obyek wisata Ngawi ini belum mendapatkan perhatian khusus meski potensinya sangat besar, sehingga sangat minim sarana dan prasarana pendukung pengunjung, yang dapat dilihat dari akses jalan menuju ke lokasi Air Terjun Pengantin. Anda akan berhadapan dengan jalanan terjal, licin, becek, jika musim hujan.

 

3. Taman Wisata Tawun

Rating Travicana (3,4 Star)

Tidak begitu baik namun masih menarik minat wisatawan lokal untuk menghabiskan masa liburan. Dengan rating yang sangat rendah, tempat wisata di Ngawi ini dinilai sangat buruk pengelolaanya, mulai dari sarana yang tidak terawat, air yang tidak jernih dan mengarah kotor semakin memperburuk obyek wisata ini.

obyek wisata di kabupaten ngawi

Lokasi yang dekat dengan pusat kota menjadikannya alternatif terbaik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Terdapat tempat pemandian, danau buatan, kebun binatang mini, pemancingan dan kolam kura-kura. Harga tiket masuk Waman Tawun tergolong murah, namun pada hari pergantian tahun, tiket masuknya bisa naik 3 kali lipat dari hari biasa.

tempat wisata ngawi

Terkesan sangat kumuh memang! Lagi-lagi pemerintah Daerah terkesan membiarkan keadaan seperti itu. Kritik pedas terhadap pengelola tempat wisata Ngawi ini selalu dilontarkan hampir oleh setiap pengunjung untuk meningkatkan pelayananannya.

 

4. Benteng Van Den Bosch

Rating Travicana (3 Star)

Satu lagi tempat wisata Ngawi yang tak terurus. Masyarakat Ngawi sering menyebutnya sebagai Benteng Pendem. Kondisinya sangat memprihatinkan, padahal tempat ini merupakan saksi bisu sejarah peradaban Ngawi tempo dulu, pada zaman perang Diponegoro tahun 1825.

benteng pendem van den bosch

Benteng pertahanan Belanda ini hanya berjarak kurang dari 1 km dari pusat kota, namun kondisi saat ini lebih cocok sebagai lokasi uji nyali karena tampak menyeramkan sekali. Namun demikian, tempat ini juga bagus sebagai latar fotografi, karena terkesan sangat klasik dan natural.

Sebetulnya, Ngawi memiliki potensi wisata sangat baik, namun pemerintah daerah terkesan tidak serius menggarapnya. Baik wisata sejarah, alam, dan religi, tidak ada yang memiliki rating bagus. Bahkan, ada beberapa Air Terjun di Ngawi yang masih sangat sepi pengunjung seperti Air Terjun Suwono yang berada di Kecamatan Ngambe, Air Terjun Teleng di Kecamatan Jogorogo, dan Air Terjun Srambang yang dapat di tempuh dalam waktu 60 menit dari pusat kota.

Pencarian Lainnya: