tempat wisata di Bojonegoro

4 Tempat Rekreasi di Bojonegoro yang layak di kunjungi

Posted on

Tempat Rekreasi di Bojonegoro tidak begitu banyak, tercatat hanya 10 tempat saja, namun sebagian besar objek bukan merupakan tempat wisata sesungguhnya, yang dibuat memang untuk tempat wisata. Seperti misalnya Waduk Pacal, Masjid Al Birru Pertiwi, Masjid Agung Bojonegoro, dan Bendungan Gerak Bojonegoro.

wisata-bojonegoro belimbing

4 Tempat Rekreasi di Bojonegoro yang Terbaik

Berdasarkan hasil penelusuran tim travicana di Bojonegoro, hanya ditemukan sedikitnya 4 tempat wisata Bojonegoro yang layak dikunjungi, yang memang dibuat sebagai tempat rekreasi, diantaranya:

 

1. Wisata Wana Tirta Dander

Rating Travicana (4 Star)

Bojonegoro adalah kota kabupaten yang mendapatkan rating terburuk dalam hal wisatanya, karena selain tidak memiliki obyek wisata yang memadai, dan tidak mengembangkan potensi wisata kota secara maksimal, padahal terdapat beberapa tempat yang cukup menarik jika dikembangkan dengan baik.

tempat rekreasi di bojonegoro  Wana Wisata Dander menjadi yang terbaik di Bojonegoro, meski bukan destinasi wisata ideal. Jarak dari Alun-alun Bojonegoro ke wisata wana Dander sekitar 13,7 km yang dapat ditempuh selama 25 menit tanpa lalu lintas padat.

tempat wisata di Bojonegoro

Wana Wisata Dander adalah sebuah taman rekreasi keluarga yang terdapat fasilitas bermain golf yang kini telah disulap sebagai water park yang baru diresmikan pada akhir tahun 2015. Belum begitu istimewa, tetapi tempat ini menjadi pengobat kerinduan masyarakat Bojonegoro akan objek wisata air yang nyaman.

harga tiket masuk dander

Harga tiket masuk Taman Tirta Dander hanya 10 ribu rupiah. Karena banyak sekali dipadati pengunjung, pihak pengelola hampir tidak siap sehingga mengakibatkan antrian loket yang panjang dan air kolam tidak terjaga kualitasnya bahkan berubah menjadi keruh setelah ribuan orang menyambanginya.

 

2. Agrowisata Belimbing Ngringinrejo

Rating Travicana (3,7 Star)

Sebuah perkebunan buah Belimbing di Ngringinrejo ini lambat laun banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, sehingga menjadi objek wisata yang patut di kunjungi di Bojonegoro karena kesejukan dan kerindangan pohon sekitar perkebunan menjadikan areal ini sangat sejuk dan asri.

tempat wisata Bojonegoro

Tidak seistimewa tempat wisata di Cimahi yang penuh dengan strawberry dan wahana permainan kudanya, tetapi setidaknya kota Bojonegoro juga memilik agro wisata yang bisa dijadikan tempat rekreasi keluarga di Bojonegoro.

Ada beberapa Gazebo di areal yang sengaja dibuat untuk tempat peristirahatan pengunjung dan menikmati buah belimbing yang dijual di beberapa areal perkebunan seluas 20 hektar ini. Butuh sentuhan khusus pemerintah Daerah Bojonegoro untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendukung lainnya di lokasi agro wisata ini guna seperti toilet, wahana permainan outbound, taman-taman, dan permainan lainnya, sehingga pengunjung tidak disuguhkan yang itu-itu saja.

 

3. Kayangan Api di Sendangrejo

Rating Travicana (3,5 Star)

Satu lagi objek wisata Bojonegoro yang memiliki potensi besar sebagai tempat wisata. Kayangan Api ini adalah fenomena alam yang terbentuk kumparan api yang tak pernah padam, letaknya di hutan lindung di Kecamatan Ngasem, desa Sendangrejo, sekitar 25 km dari pusat kota Bojonegoro.

Kayangan Api Bojonegoro

Bangunan-bangunan di areal Kayangan merupakan peninggalan Hindu kerajaan Majapahit. Meski Kayangan Api tak pernah padam, namun sumber-sumber air pun tak terpengaruh hawa panas dengan adanya api tersebut.

Tidak banyak yang bisa kita lakukan di kawasan hutan lindung ini, tetapi sangat cocok sebagai tempat refreshing dari hiruk pikuk aktifitas yang memenatkan kepala, karena tempat ini sangat rindang dan hening, sangat bagus jika anda mendirikan perkemahan di areal ini, sekaligus melihat Kayangan Api di waktu malam.

 

4. Waduk Pacal Bojonegoro

Rating Travicana (3 Star)

Tidak banyak yang bisa dinikmati di Waduk Pacal selain aliran air sungai serta pemandangan pepohonan sekitar areal waduk, karena memang tempat ini tidak di bangun sebagai objek wisata, tetapi hanya itulah saat ini yang bisa kita nikmati di Bojonegoro.

waduk pacal bojonegoro

Waduk yang berjarak 35 km dari pusat kota Bojonegoro ini dapat dijadikan tempat rekreasi di Bojonegoro karena menyimpan ke unikan tersendiri. Kita dapat berinteraksi dengan nelayan lokal ketika pagi hari, sekaligus membeli ikan segar langsung ke nelayan dengan harga yang sangat terjangkau.

Pencarian Lainnya: