tips jalan jalan ke Malaysia

10 Tip Jalan Jalan ke Malaysia agar Aman dan Selamat

Posted on
Tip jalan jalan ke Malaysia -Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata di Malaysia, tentu akan bingung jika baru pertama kali akan mengunjungi negeri jiran tersebut. Oleh karena itu, Travicana mencoba memberikan tips yang bermanfaat agar jalan-jalan kamu ke Malaysia tidak kebingungan dan sesuai dengan harapan berwisata.

tips jalan jalan ke Malaysia

10 Tip Jalan Jalan ke Malaysia

Kultur, budaya, bahasa, dan aturan yang berbeda tentu akan sedikit menyulitkan jika tanpa pengetahuan yang cukup, bisa-bisa kesasar tanpa arah dan malu jika harus menjadi pusat perhatian karena ketidaktahuan. Ikuti tip jalan jalan ke Malaysia berikut agar perjalanan dan wisata tanpa agen perjalanan anda akan mudah dan tercapai tujuannya.

1. Apa yang harus dibawa ke Malaysia?

Karena akan pergi ke luar negeri, maka yang utama adalah Passport. Jangan sampai tertinggal yah! Jika belum punya passport, tinggal buat saja di kantor imigrasi dengan syarat kartu keluarga, surat keterangan kepolisian, ijasah terakhir, dan pas foto. Biayanya sekitar 600 ribu jika mengurus sendiri, kalau melalui calo bisa mencapai 800 ribu.

Bawalah bekal uang secukupnya. Berdasarkan pengalaman, membawa uang 5-10 juta sudah cukup koq jika untuk jalan-jalan 3-4 hari di Malaysia, dan menghabiskan sebanyak itu sudah termasuk boros. Kemudian bawa baju hangat, karena jika di musim hujan lumayan dingin, apalagi hujannya biasanya lebih deras dari Indonesia dengan petir yang serasa dekat sekali.

2. Persiapkan Peta Wisata Malaysia

Meski sudah ada Google Map, tetapi peta manual bisa membantu di kala darurat. Peta transportasi umum juga sangat penting, agar tidak bingung ketika akan menuju ke tempat wisata yang akan dikunjungi. Beruntungnya, ada peta dan brosur yang tersedia di bandara secara gratis, untuk lebih jelasnya bisa juga bertanya ke Pusat Informasi di Kuala Lumpur International Airport.

3. Tiket Pesawat ke Malaysia Murah

Rencanakan dengan matang jika ingin jalan-jalan ke Malaysia. Agar bisa mendapatkan tiket dengan murah maka hindari pergi di hari-hari besar, akhir pekan, dan liburan internasional macam Natal. Pesan tiket melalui online akan lebih baik karena kita bisa membandingkan harga antar pesawat, dan hari keberangkatan serta kelasnya.

tip jalan jalan ke Malaysia

Perhatikan setiap situs yang menjual tiket pesawat, siapa tahu ada penawaran discount di hari-hari tertentu sehingga bisa menghemat uang dengan kupon. Penerbangan paling murah ke Malaysia adalah dari AirAsia karena merekalah tuan rumahnya. Harga yang ditawarkan Air Asia sekitar 450-550 ribu tergantung hari keberangkatannya dari Bandara Soekarno Hatta. Jika dari Bandara Adi Sutjipto Jogja sedikit lebih mahal, yakni antara 850-950 ribu menggunakan Tiger ataupun Air Asia.

4. Tidak ada Kartu Imigrasi Kedatangan&Keberangkatan

Nah, jika sudah terbang dan sampai di Bandara Kuala Lumpur, maka kita bisa langsung menuju Loket Imigrasi Bandara. Sedikit berbeda jika kita datang ke Singapura, yang akan dibagikan kartu Imigrasi Kedatangan dan Keberangkatan. Mungkin karena Indonesia dan Malaysia sudah melakukan perjanjian bilateral sehingga hanya cukup stempel passport saja. Oh ya, jangan bawa koper terlalu berat yah, cukup 15-20 kg saja untuk di Bagasi. Jika lebih dari itu, maka simpan di tas punggung dan bawa masuk ke pesawat. Jika bagasi melebihi berat yang ditentukan maka akan dikenakan charge tambahan.

Ikuti antrean ketika masuk ke loket stempel, jangan berdiri melewati batas kuning yang ditentukan. Siapkan pasport terlebih dahulu sebelum giliran tiba sehingga tidak gugup. Bertingkah lah sewajarnya jangan bermain gadget, gunakan bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan sopan ketika ditanya tujuan berkunjung.

5. Ambil Bagasi dan Melewati Bea Cukai

Setelah mengambil bagasi dan keluar dari Imigrasi, maka kamu harus berjalan melewati pos pemeriksaan bea dan cukai sebelum keluar dari Bandara. Ikuti perintah yang diminta petugas, jika membawa barang-barang yang wajar dan tidak terlarang maka akan aman-aman saja.

6. Transportasi Menuju Tengah Kota Kuala Lumpur

Jika akan keluar Bandara, maka gunakan taksi yang resmi yang menggunakan argo yang bisa dipesan di loket. Jika berkunjung beramai-ramai, maka gunakan bus saja yang lebih murah. Tanyakan langsung ke loket dan bisa dipesankan. Ongkos naik bus hanya 11 ringit per orang. Jika ingin merasakan naik kereta cepat, maka kamu harus membayar 55 ringgit per orang. Ambil tujuan ke KL Sentral, karena disana lah kita akan menentukan tempat wisata mana yang akan kita kunjungi atau bisa juga mencari hotel terdekat agar bisa beristirahat.

7. Beli Kartu Touch n Go atau MyRapid

Oh ya, agar lebih mudah menggunakan alat transportasi di Malaysia, kamu harus membeli kartu elektronik Touch n Go atau MyRapid yang tersedia di Bandara. Tanyakan saja ke Pusat Informasi mengenail kartu ini. Kartu Touch n Go bisa digunakan untuk membayar Komuter, Monorail, Bus atau KTM. Untuk awal, beli yang 100 ringgit. jika sudah habis maka bisa di isi ulang melalui loket yang ada di stasiun-stasiun atau minimarket.

8. Mencari Hotel Murah di Malaysia

Agar lebih mudah, maka gunakan taksi untuk menuju penginapan. Yang paling murah di Malaysia adalah hostel. Beberapa yang direkomendasikan antara lain:

Sri Packers at KLIA
Hotel Bintang 2 yang berada di Jalan Timur 6/1B Timur at Enstek, Bandar Enstek, Sepang (KLIA Airport Area), Kuala Lumpur. Harga yang ditawarkan mulai 170 ribu (sekitar 60 ringgit)

Suzie’s Guesthouse KL
Hotel Bintang 1 di 179 1st Floor, Jalan Tun H S Lee, Chinatown, Kuala Lumpur. Harganya pun mulai dari 60 ringgit.

9. Jalan-jalan ke Tempat Wisata

Setelah menaruh barang bawaan yang berat dan istirahat sejenak di hotel, kamu bisa jalan-jalan ke tempat wisata yang ingin dituju. Kamu bisa ke Menara Kembar Petronas, Bukit Bintang, Batucave, Lapangan merdeka dan jika memiliki banyak waktu maka sempatkan pula belanja di Kuching Malaysia.

10. Tentukan Waktu dan Jangan Boros

Jika tanpa perencanaan yang baik, liburan seringkali terlalu boros membeli sesuatu yang tidak bermanfaat. Sehingga menentukan arah dan waktu yang baik adalah solusi yang tepat agar terhindar dari over budget. Sesuaikan dengan isi kantong kamu jika ingin berlama-lama tinggal dan berbelanja di Malaysia. Semoga tip jalan jalan ke Malaysia ini bermanfaat!

Pencarian Lainnya: