Umbul Ponggok

10 Tempat Wisata di Klaten Terbaik

Posted on

Tempat Wisata di Klaten ternyata banyak juga lho, yang paling terkenal tentu saja Candi Prambanan yang merupakan warisan dunia. Kota yang berdekatan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki komplek candi Hindu terbesar di Indonesia. Diantaranya Candi Sewu, Candi Bubrah, Candi Merak, Candi Plaosan, dan tentu saja Candi Prambanan.

tempat wisata di Klaten

5 Tempat Wisata di Klaten Terbaru

Klaten mungkin salah satu kota yang memiliki obyek wisata air terbanyak, karena terdapat lebih dari 5 tempat bernuansa air termasuk wisata Klaten air terjun Luweng Sampang. Tim Travicana mencoba menelusuri obyek wisata Klaten tersebut, namun tidak memasukan Candi Prambanan karena sudah pernah di bahas di artikel obyek wisata Jogja dan Sekitarnya.

1. Umbul Ponggok

Rating Travicana (4,7 Star)

Obyek wisata di Klaten yang sedang menjadi buah bibir adalah Umbul Ponggok yang menawarkan keindahan bawah laut yang sebetulnya adalah kolam besar yang berasal dari sumber mata air tawar yang hanya memiliki kedalaman 2 meter, dan biasa dijadikan tempat pemandian. Lokasinya terletak di Ponggok, Kecamatan Polanharjo.

Umbul Ponggok

Harga tiket masuk Umbul Ponggok hanya 8 ribu rupiah. Mungkin kesan pertama di obyek wisata ini sangat tidak menarik, namun jika Anda sudah turun dan masuk ke air kemudian menyelam maka pesonanya baru akan nampak dan membuat banyak orang terkesan. Keindahan laut dalam langsung bisa dinikmati di tempat pemandian ini.

tempat wisata di Klaten Umbul Ponggok

Kolam pemandian Umbul Ponggok sangat terkenal berkat media sosial yang selalu membagikan fotografi keindahan bawah lautnya yang sangat mengesankan, banyak sekali pasangan yang membuat foto preweding di tempat ini. Sewa peralatan untuk menyelam di Umbul Ponggok juga sangat murah. Untuk masker atau snorkle hanya 10 ribu, kaki katak hanya 5 ribu, dan jika ingin mengabadikan momen bawah airnya cukup menyewa kamera underwater yang hanya 60 ribu per 30 menit.

 

2. Candi Sewu

Rating Travicana (4,5 Star)

Candi yang hanya berjarak 800 meter dari Candi Prambanan, memiliki cerita legenda yang sangat terkenal yakni Roro Jonggrang di abad 8. Dilihat dari struktur bangunannya, Candi Sewu merupakan percampuran dua budaya Hindu dan Budha pada masa dinasti Sanjaya dan dinasi Syailendra. Lokasi Candi Sewu berada di desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten.

Obyek wisata klaten Candi Sewu

Karena lokasi yang berdekatan dengan Candi Prambanan sehingga menjadikan Candi Sewu lebih menarik perhatian pengunjung, karena biasanya pengunjung Candi Prambanan pasti akan mampir untuk melihat ke-elokan Candi Sewu ini, begitupun sebaliknya. Komplek candi ini pun masih dikelola oleh manajemen yang sama, sehingga fasilitasnya pun sangat terjamin.

 

3. Galuh Tirto Nirmolo Klaten

tiket masuk kolam renang galuh prambananRating Travicana (4,1 Star)

Tidak begitu istimewa tetapi inilah salah satu tempat wisata keluarga di Klaten terfavorit bagi masyarakat lokal Klaten dan sekitarnya. Karena lokasinya mudah di jangkau, tepatnya di Manisrenggo, Tlogo, sekitar 1 km dari Candi Prambanan. Sangat cocok untuk rekreasi keluarga, karena wahana air ini sangat disukai anak-anak.

Harga tiket masuk kolam renang Galuh Prambanan ini hanya 15 ribu per orang, dan untuk menikmati wahana yang ada, dikenakan biaya tambahan sebesar 5-10 ribu per wahana. Ada 10 kolam dan 20 wahana yang bisa dinikmati antara lain mobil elektrik, kereta mini, flying fox, kuda, komedi putar, bioskop, dan sebagainya.

 

4. Warung Apung Rowo

Rating Travicana (4 Star)

Inilah tempat wisata kuliner di Klaten yang unik. Warung Apung Rowo mengambang di atas kolam rawa menggunakan rakit. Terdapat puluhan warung yang menyajikan aneka kuliner masakan khas Klaten yang sangat nikmat. Harganya pun sangat terjangkau, apalagi pemandangan di sekitarnya sangat indah dan sejuk. Lokasi tepatnya di desa Jombor, Kec. Bayat, sekitar 8 km dari kota Klaten.

tempat wisata kuliner di Klaten

Di sebelah warung apung ini terdapat bukit yang menjulang yang menambah suasana alam dengan panorama pepohonan rindang yang sejuk. Sehingga sangat cocok untuk mengisi perut kosong bersama keluarga. Sambil menunggu pesanan datang, anak-anak dapat bermain bebek kayuh ataupun gethek untuk menyeberang antar warung yang berjejeran di rawa apung ini.

 

5. Pemandian Umbul Cokro Tulung

Rating Travicana (3,9 Star)

Wisata air yang tidak kalah menariknya adalah Umbul Cokro Tulung. Karena menyuguhkan wahana air yang dipadukan dengan keindahan alam sekitar, sehingga tampak asri dan sejuk, cocok sekali untuk berwisata keluarga. Lokasi Umbul Cokro, berada di Desa Cokro, Kecamatan Tulung.

objek wisata Klaten

Tempat wisata di Klaten ini menjadi destinasi favorit kedua setelah Galuh Tirto Nirmolo karena wahananya tidak sebanyak yang ada di GTN. Harga tiket masuk Umbul Cokro lebih murah dari GTN yakni sebesar 15 ribu per dua orang pada hari biasa. Sedangkan hari libur tarifnya menjadi 11.500 per orang.

 

 

Pencarian Lainnya: